Ketahui Ciri-Ciri Kayu Stigi Asli Sebelum Membelinya

ciri ciri kayu stigi asli

Kayu stigi adalah salah satu benda yang kerap dicari oleh orang-orang. Sebagian dari mereka, ada yang percaya bahwa kayu ini memiliki tuah memberikan efek berbagai tuah yang memudahkan urusan manusia. Hanya saja, tak sedikit yang tertipu karena tidak mengetahui ciri-ciri Kayu Stigi asli.

Kayu yang berasal dari pohon stigi ini adalah satu dari sekian jenis tanaman perdu. Umumnya, dapat Anda temukan di daerah pesisir. Meskipun saat ini keberadaannya sudah semakin langka.

Salah satu daerah yang kerap menjadi tempat perburuan kayu ini adalah di sekitar Pulau Karimun Jawa. Sebagian warga sana ada yang mencari nafkah dengan menjadi pengrajin Kayu Stigi. Menurut warga setempat, kebanyakan yang datang adalah kalangan pejabat, aparat polisi, serta TNI.

Meski demikian, banyak juga yang jual Kayu Stigi online. Sehingga untuk membelinya tak perlu berburu langsung. Hanya kelemahannya, cara semacam ini bisa membuat pembelinya tidak mengetahui secara langsung ciri Kayu Stigi asli.

Ciri Kayu Stigi Berdasarkan Jenisnya

Harus Anda ketahui, bahwa ciri Kayu Stigi asli berbeda sesuai dengan sumber pohonnya. Karena pada faktanya, ada yang berasal dari pohon stigi yang tumbuh di laut, namun ada pula yang di darat.

Ciri Kayu Stigi Darat asli, kelazimannya adalah memiliki warna tua. Semisal hitam dan merah. Sementara itu, stigi laut warnanya lebih nampak cemerlang. Semisal kuning atau coklat muda.

Dari sisi teksturnya juga terdapat perbedaan. Letak bedanya dapat Anda temukan pada tekstur kayu yang lebih keras dan kasar pada stigi darat. Anda perlu merabanya langsung untuk mengetahui perbedaan pastinya.

Sementara itu, dari sisi berat massa, stigi darat memiliki bobot lebih berat. Sebaliknya, stigi laut cenderung lebih ringan.

Mengetahui Keaslian Stigi Asli

Dalam proses peredarannya, Kayu Stigi dipermak oleh para pengrajin ke dalam berbagai bentuk. Berkat kreatifitas yang dimiliki, ada ragam kreasi yang berbahan dasar Kayu Stigi. Mulai dari gelang, tasbih, warangga, pipa rokok, juga kalung.

Meskipun demikian, kita tetap bisa membedakan mana Kayu Stigi yang asli dan mana juga yang palsu. Tentu saja, untuk dapat mengetahui hal ini, ada caranya.

Cara yang paling umum digunakan adalah dengan memasukan benda-benda berbahan Kayu Stigi tersebut ke dalam air. Jika ketika dimasukan benda tersebut tenggelam, maka itu menjadi indikator bahwa Kayu Stigi yang ada miliki asli. Namun sebaliknya, jika tidak, patut bagi Anda meragukan keasliannya.

Tenggelamnya Kayu Stigi yang asli tidak dipengaruhi besar dan kecilnya ukuran. Hal ini karena meskipun kecil, yang asli tidak akan mengambang. Ia akan tetap tenggelam sebagaimana benda yang besar. Ini adalah cara sederhana yang dengan mudah dapat Anda coba.

Karena diperlukan uji coba untuk mengetes keasliannya, maka memang agak riskan Anda membelinya secara online. Selalu ada kemungkinan bagi orang-orang tak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan.

Oleh sebab itu, untuk dapat memastikan keaslian berdasarkan ciri-cirinya, cara yang paling efektif adalah membelinya secara langsung. Meskipun jelas akan menguras lebih banyak energi dan isi kantong, setidaknya Anda dapat lebih puas dengan pembelian yang dilakukan.

Nah, demikianlah ulasan kami tentang ciri-ciri Kayu Stigi asli. Ditipu itu sungguh menyakitkan. Oleh karena itu, pemahaman tentang keaslian suatu benda adalah hal yang penting ketika Anda ingin memilikinya. Mudah-mudahan, tulisan sederhana ini dapat membantu Anda selamat dari tipuan orang.

.

Konsultasi Serius tentang Masalah Anda dengan Pakarnya Ki Sabrang Alam, Silahkan hubungi kontak di bawah ini :

081 226 888 103 ( WA / Telpon / SMS )